Mengatasi Masalah yang Sering Muncul di Samsung Galaxy S4


Mengatasi Masalah yang Sering Muncul di Samsung Galaxy S4 sebetulnya bukanlah perkara sulit. Yah, walalupun sebetulnya ponsel ini adalah ponsel dengan kelas yang tinggi dan dibarengi dengan teknologi serta fitur yang luar biasa bagus. Namun Galaxy S4 tetaplah bukan ponsel yang sempurna, masih ada beberapa kekurangan di beberapa hal.

Termasuk masih sering dijumpai masalah - masalah yang sering muncul di ponsel ini. Namun syukurlah, seperti yang kami sebutkan diatas, problem ini bukanlah masalah pelik yang sulit diatasi. Hanya dengan beberapa langkah saja, masalah tersebut dapat teratasi dengan mudah. Dan sebetulnya bisa dicegah dengan menggunakan aplikasi untuk memonitor ponsel android anda.

Dalam artikel "Mengatasi Masalah yang Sering Muncul di Samsung Galaxy S4" akan kami jelaskan dan paparkan solusi dari masalah yang terkadang datang menghampiri si ponsel mewah dan elegan, Samsung Galaxy S4. Yuk, simak artikel berikut ini :

Mengatasi Masalah yang Sering Muncul di Samsung Galaxy S4

1. Baterai Cepat Habis / Baterai Boros


Jika Galaxy S4 anda dirasa tidak dapat bertahan lama walaupun sudah di charge secara penuh, memang ada kemungkinan bahwa baterai and sudah berkurang kemampuannya. Bisa di cek dengan cara jadul nan efekti : Lepas baterai anda, kemudian putarkan baterai itu, jika dia berputar dengan kencang maka baterai itu sudah dikatakan "hamil" atau sudah melembung. Maka selayaknya diganti untuk menghindari kebocoran baterai yang bisa menyebabkan ponsel meledak, dsb.

Namun jika ternyata baterai anda baik-baik saja (saa diputar, baterai hanya berputar sedikit saja), maka bisa jadi yang patut disalahkan adalah aplikasi - aplikasi yang ada di ponsel anda. Anda perlu mengecek aplikasi apa atau layanan android apa yang ternyata sangat menguras baterai anda.

Masuk ke setting, kemudian pilih menu "Battery", nah disitu akan muncul tabel penggunaan baterai dalam persen. Biasanya yang anda temui di tempat paling atas adalah "Screen" alias kecerahan layar anda. Kemudian (terkadang) diikuti oleh "android system" dan kemudian aplikasi - aplikasi yang memakan memory anda.

Nah, di menu ini semuanya terlihat jelas penggunaan baterainya. Jika posisi pertama dan kedua ditempati oleh "screen" dan juga "android system" atau oleh layanan android yang lain maka itu masih bisa dibilang bagus. Namun, jika posisi pertama dan kedua diisi oleh aplikasi pihak ketiga, maka anda perlu melakukan tindakan pada aplikasi itu, entah anda uninstall atau dikurangi penggunaannya.

Sebetulnya, cara termudah untuk menghemat baterai itu simpel saja. Redupkan Galaxy S4 anda hingga ke posisi paling minim, kecuali saat dipakai di ruangan yang terang. Dan lihat hasilnya, bahkan "screen" tidak akan ada lagi di urutan pertama. Karena memang kecerahan layar inilah yang sebenarnya paling menguras baterai anda.

Aturlah kecerahan layar dan timeour layar agar anda nyaman namun juga tetap hemat baterai.
Dan jangan lupa, jika anda sudah selesai menggunakan aplikasi, hapuslah aplikasi itu dari "recent apps", dengan menekan tombol home beberapa detik dan swipe/geser lah untuk menghapus aplikasi iu dari recent apps, maka ruang RAM akan lebih lega dan ponsel lebih ringan dalam berjalan.

Satu lagi, Samsung Galaxy S4 ini juga sudah menyediakan fitur menu penghematan baterai. Anda bisa mengaktifkan fitur ini untuk menghemat baterai anda. Baterai boros bukanlah masalah lagi saat anda tahu cara Mengatasi Masalah yang Sering Muncul di Samsung Galaxy S4.

Jika memang ingin baterai anda super hemat, swipe/gulir dari atas layar kebawah, disana akan ada menu - menu layanan yang bisa anda matikan fungsinya untuk mengurangi beban pada prosesor Galaxy S4 anda. Terlebih pada aplikasi-aplikasi yang hanya digunakan secara kondisional saja.

2. Ponsel Terasa Panas


Dalam hal ponsel Galaxy S4 terasa panas, biasanya yang menjadi faktor utama dan cara untuk Mengatasi Masalah yang Sering Muncul di Samsung Galaxy S4 ini adalah dengan mengecek baterainya dengan cara seperti kami sebutkan diatas tadi, dengan mengeluarkannya dan memutarnya di tempat datar, apakah berputar kencang atau tidak.

Jika tidak, maka masalah ponsel panas itu bukan berasal dari baterai anda. Bisa jadi hal ini berasal dari ponsel anda yang aplikasinya serta ROM nya belum terupdate. Pastikan jika ada pemberitahuan dari samsung mengenai update ROM, maka segeralah lakukan update ROM, karena ROM yang baru memiliki banyak perbaikan disana-sini.

Cek ROM Anda anda apakah sudah versi terbaru? dan update juga aplikasi - aplikasi anda via play store.
Aplikasi pihak ketiga juga perlu di update. Sepertinya agak aneh jika aplikasi di update akan berpengaruh pada panas tidaknya ponsel. Namun tunggu dulu, lakukan dulu, dan rasakan perbedaannya. Anda akan rasakan perubahan yang lumayan signifikan pada ponsel anda.

3. Ponsel Restart Sendiri


Memang sangat menyebalkan jika ponsel Galaxy S4 kita tiba-tiba restart sendiri. Saat tidak ada aktifitas saja rasanya menyebalkan, apalagi jika kita sedang menulis data atau edit sesuatu namun belum disimpan dan ponsel langsung restart, rasanya sakitnya tuh disini, hehehe. Hal ini jelas mengindikasikan bahwa ada masalah dengan ponsel anda. Bisa jadi masalahnya adalah koneksi pada baterai anda buruk yang menyebabkan konsleting ringan.

Namun sebelum anda melangkah ke jasa service atau service center, ada baiknya anda coba cek dulu aplikasi anda. bisa jadi masalah itu datangnya dari aplikasi yang crash. Pertama, update aplikasi anda secara berkala akan mengurangi resiko terjadi aplikasi crash.

Next step adalah coba lepas memory SD Card anda, nyalakan kembali ponsel anda tanpa SD Card. Perhatikan apakah probelem restart masih sering muncul. Biasanya pemilihan SD Card dengan kualitas yang buruk juga dapat menyebabkan ponsel sering restart.

Piilihlah SD Card dengan kelas 10, yang ditandai dengan tulisan angka 10 di dalam lingkaran pada tampak depan SD Card. Pastikan juga anda membeli SD Card dengan merek yang sudah memiliki brand awareness yang bagus.  Dengan begitu anda sudah termasuk Mengatasi Masalah yang Sering Muncul di Samsung Galaxy S4, karena mengurangi kemungkinan buruk terjadi.

4. Masalah Pada Kamera


Sangat banyak pengguna Samsung Galaxy S4 merasakan dan mengungkapkan ada masalah dengan aplikasi kamera pada ponsel mereka dan mereka berusaha Mengatasi Masalah yang Sering Muncul di Samsung Galaxy S4 ini. Keluhan yang muncul soal aplikasi kamera ini memang bermacam-macam, namun sering adalah kamera yang tiba-tiba "force close" atau berhenti mendadak.

Hapus cache pada aplikasi kamera biasanya membantu mengatasi masala ini.
Cara yang seringnya efektif untuk atasi masalah ini adalah dengan menghapus cache dari aplikasi kamera ini. Caranya hanya dengan masuk ke menu setting, kemudian pilih "apps" kemudian anda cari "Camera", dan pilihlah menu "Clear Cache". Hal serupa juga sebaiknya juga dilakukan untuk aplikasi gallery yang anda miliki.

5. Masalah Pada Koneksi Wifi


Terkadang anda memang kesulitan untuk masuk dan connect ke wifi pilihan anda karena memang sinyalnya lemah, hanya 1-2 bar saja. Namun jika anda ternyata tetap tidak bisa connect walaupun sinyal wifi yang ingin anda masuki sangat bagus, maka anda perlu mencari cara Mengatasi Masalah yang Sering Muncul di Samsung Galaxy S4 ini.

Coba matikan koneksi data dari kartu SIM anda.
Anda juga mungkin merasa terganggu dengan notifikasi bahwa koneksi internet (wifi) anda di non aktifkan karena kecepatanny rendah. Nah, coba matikan dahulu koneksi data kartu SIM anda, tinggal swipe layar dari atas kebawah dah matikan "mobile data", dan rasakan, apakah sekarang konek ke wifi lebih mudah?

Matikan menu tersembunyi ini : Wifi Power Save Mode.
Jika masih belum teratasi, anda bisa menonaktifkan Wifi Power Save Mode yang ada di Galaxy S4 ini. Menu ini tersembunyi, dan dapat diakses dengan cara menekan kode *#0011# di dialler anda seperti gambar diatas. dan anda dibawa ke menu Service Mode.

Kemudian tekan tombol menu, pilih "wifi option", Nah anda perhatikan disitu ada tulisan WIFI Power Save Mode, dan dibawahnya ada timbol ON. Nah, tekan tombol itu sehingga menjadi OFF. Ok, tinggal pencet tombol back dan sudah beres.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel